5 Essential Elements For wanprestasi

Wiki Article

Temukan definisi istilah-istilah hukum secara gratis dan tepercaya dari peraturan perundang-undangan

Pada dasarnya setiap kelahiran wajib dilaporkan penduduk ke instansi pelaksana setempat paling lambat 60 hari sejak kelahiran dan untuk itu diterbitkan kutipan akta kelahiran.

Untuk membuktikan wanprestasi, pihak yang dirugikan harus menunjukkan adanya perjanjian yang sah, kewajiban yang ditentukan dalam perjanjian tersebut, dan kelalaian atau kegagalan pihak lain dalam memenuhi kewajiban tersebut.

Persetujuan tersebut tidak dapat ditarik kembali, selain dengan kesepakatan dari kedua belah pihak atau dikarenakan alasan yang ditentukan oleh undang-undang. Persetujuan ini harus dilaksanakan dengan itikad baik.

Dalam mengurus gugatan atau proses hukum terkait perbuatan ini, Anda memerlukan dokumen-dokumen yang perlu divalidasi keabsahannya. Penggunaan tanda tangan atau meterai merupakan komponen penting dalam proses ini.

Adapun dasar hukum wanprestasi lainnya turut diatur dalam pasal berikut ini. Pasal ini memuat konsekuensi yang akan ditanggung pihak yang melakukan wanprestasi.

Bahwa, untuk kepentingan pemeriksaan dalam permohonan ini, Para Pemohon bersedia melengkapi permohonan Para Pemohon dengan surat-surat bukti yang berkenaan dan dengan menghadirkan saksi-saksi yang diperlukan;

Di sisi lain, sebagaimana telah diterangkan dalam Apa yang Harus Dilakukan Jika Akta Kelahiran Hilang?, seharusnya hal pertama yang dilakukan jika akta kelahiran Anda hilang bukanlah menerbitkan akta kelahiran yang baru (di kota Z), melainkan mengurus kehilangan tersebut untuk dilakukan pencetakan ulang atau duplikat.

Oleh karena itu, ADCO Regulation harus dibebaskan dari dan/atau tidak dapat dimintai pertanggungjawaban atas segala sesuatu yang dilakukan oleh entitas yang menggunakan tulisan ini di luar tujuan ADCO Regulation.

Memiliki akta kelahiran yang benar sangatlah penting. Dokumen ini menjadi bukti sah identitas dan standing kependudukan seseorang. Tanpa akta kelahiran yang benar, kamu mungkin akan menghadapi berbagai kendala dalam kehidupan sehari-hari, seperti kesulitan dalam mengurus administrasi, memperoleh akses ke layanan publik, atau bahkan mendapatkan hak-hak yang seharusnya dimiliki.

“Penggantian biaya, rugi, dan bunga karena tidak dipenuhinya suatu perikatan, baru mulai diwajibkan, apabila si berutang, setelah dinyatakan lalai memenuhi perikatannya, tetap lalai untuk memenuhinya, atau jika sesuatu yang harus diberikan atau dibuat hanya dapat diberikan atau dibuat dalam tenggang waktu yang sudah dilampaui.”

Wanprestasi adalah sebuah tindakan dimana seseorang ingkar janji terhadap janji yang sudah dibuatnya dengan pihak lain. Dasar hukum wanprestasi diatur dalam KUHP Pasal 1338 yang berbunyi, “seluruh persetujuan yang dibuat sesuai dengan undang-undang yang berlaku, sebagai undang-undang bagi mereka yang membuatnya.

Hal ini sesuai dengan ketentuan di Pasal 1238 KUPerdata: "Debitur dinyatakan lalai dengan surat perintah, atau dengan akta sejenis itu, atau penetapan ahli waris berdasarkan kekuatan dari perikatan sendiri, yaitu bisa perikatan ini mengakibatkan debitur harus dianggap lalai dengan lewatnya waktu yang ditentukan."

Benyamin, Salim & Simatupang Legislation Firm was founded by a variety of skilled Indonesian professional, company and litigation lawyers with talent across a pengesahan anak broad number of legal exercise locations. Our staff includes quite a few associates, lawyers and Qualified support staff whom are distinguished within their respective regions of specialty and professionalism.

Report this wiki page